Rabu, 25 Agustus 2010

Mimpi didalam Mimpi... (Tidur Aja..)

Pernah ngerasain saat dimana kalian uda genggam sesuatu yang sangat kalian harepin tapi tiba-tiba ilang or kelepas gitu aj??
Pernah??
Aku pernah ngalamin perasaan itu.. Dan itu pengalaman yang bener-bener bikin cerita sendiri dalam salah satu bab hidup seorang Brury yang manis ini..
Seumur hidup ini, banyak banget impian yang kuingini. Saat kecil, Polisi adalah impian terbesarku (gampang ditebak, soalnya Brury Kecil suka banget ngeliat tongkrongannya polisi-polisi yang terkesan macho, cool, am seragamnya yang keren banget [inget, ini pemikiran Brury Kecil]). Tapi seiring bertambahnya umur, mimpi itu berangsur-angsur ilang…
Penjelasan logisnya sih cuma atu. Brury Kecil uda ilfil duluan ngeliat tingkah laku en polah sang idola di jalanan (yang menurut Brury Kecil terlalu semena-mena).
Beranjang dewasa, aku ingin menyamai burung (dalam pengertian yang sebenarnya). Terbang bebas seenaknya sendiri dan mau kemana aja. Tapi si Brury yang sudah mulai beranjak gede ini juga uda bisa mikir. Manusia ngga mungkin bisa terbang tanpa alat bantu. Makanya, cita-cita keduaku adalah menjadi seorang kapiten (BACA : Pilot). Pikirku saat itu, enak kali ya bisa nerbangin pesawat kemana aja. Cepet, en episien banget. Langsung anterin Mamah ke pasar ato nganter Usi ke mana aja. Ato paling ngga, bisa dengan bangga jadi sopir pribadi Papah ke sekolahan, tempat doi kerja.
Tapi lagi-lagi mimpi itu sirna. Soalnya waktu itu pesawat lagi hobi terjun bebas. Ngga mandang tempat, place, waktu, ato time… Pokoknya kalo si pesawat pengen jatoh ya jatoh… Yah, seenak si pesawat itu sendiri aja deh!!
Dan semenjak saat itu, Si Brury jadi bingung milih cita-cita yang enak am keadaan en kondisi. Pernah waktu itu baru abis nonton Kesatria BH (BACA : Baja Hitam – Pikirannya jangan saru duluan ah. Ngga baik!!) malah tiba-tiba pengen jadi Kotaro Minami.. En kalo boleh minjem jargonnya Eko Patrio, MIMPI KALI YE… Iya, soalnya kalo Brury mo jadi seorang Kotaro Minami, berarti Brury harus face off am mutuhin kulit. Secara muka Kotaro Minami ngga se manis tampang Brury en kulit Kokakro Minami itu terlalu putih (makanya ni kulit emang harus disuntuk cat tembok ato tipe-x sebanyak mungkin supaya rada putihan dikit…)
Kaco kan…
Ato ketika ngeliat Mamah yang giat banget bekerja di dapur beberapa tahun yang lalu, Brury malah kepengen jadi Ibu Rumah Tangga yang baik… Dalam pengertian, biarin aja (kelak) si istri tersayang yang gawe sementara manusia manis ini stay di rumah en nyambutin si Mamah yang baru pulang kerja…
Huehehehehehehehehehhe……. (Kalo ada laki-laki yang punya pikiran kaya gini, Raden Ajeng Kartini bakal bener-bener ngga trima en bakalan bikin perhitungan matematika)
Pokoknya Brury adalah tipe manusia ikut-ikutan. Kalo lagi seneng ama sesuatu, maka sesuatu itu yang bakal jadi panutan. Kotaro Minami, Son Go Ku, Doramemon, ampe Detektip Konan pernah jadi role modenya Si Brury.. Pemikiran buat mutihin kulit, numbuhin ekor, punya kantong apa saja, ama milikin otak encer pernah mampir di pemikiran Brury.. Pokoknya hal-hal yang bikin Brury lebih deket lagi en semakin lebih keliatan seperti tokoh idolanya bakal terus-terusan dilakuin.. Demi nyenengin hati sesaat…
--------------------------------------------------------------
Tapi itulah mimpi kanak-kanakku. Dan untuk itu, aku ngga pernah merasa malu ato minder nginget-nginget peristiwa di masa itu. Bagiku, hal-hal konyol itu merupakan langkah awal seseorang milikin mimpi-mimpi segede gaban.
Melalu kejadian-kejadian di masa lalu, kita (paling nggak) bisa mengira-ngira di masa depan akan jadi seperti apa. Soalnya, orang yang pinter selalu sedikit menoleh kebelakang en selalu belajar dari yang uda dilakuin di masa itu. Ngelihat kelemahan, kekurangan, kelebihan, am keuntungan dari kegiatan apapun yang uda dilakuin kemaren-kemaren selama idup ampe detik ini (minimal, fase yang dimulai saat kita uda fasih ngomong, ‘Ini Ibu Budi…’ ampe detik yang baru aja kita lewatin).
Iya ngga sih??
Bagiku, apapun yang uda kita lakuin di belakang adalah sebuah pembelajaran. Pembelajaran dari seorang Brury, dari seorang Alan, dari seorang Jane (ato siapapun namamu) yang bener-bener sangat berharga yang mungkin ngga kita dapetin di bangku pendidikan (aku asumsiin, yang baca blog ini minimal uda sampe tingkat SMP).
Oke, memang di sekolah, kita belajar banyak hal. Contohnya matematika (berhitung). Di sekolah kita selalu diajarin satu di tambah satu sama dengan dua. Titik..
Tapi di luar sekolah bisa aja itu salah. Bisa aja satu di tambah satu sama dengan sepuluh..
Lho, kok bisa??
Iya dong bisa… Kalo hasilnya ditambahin delapan…
Bener ngga?? Bener dong.. Bener yah, yah….
Nah, itu contoh simple sih dari pelajaran berharga yang uda kita lewatin di masa lalu. Dan prosentase kita belajar di sekolah en di dunia nyata tu masih gedean kita belajar dari dunia nyata kok. Itung aja. Dari jam tuju pagi ampe jam 2 siang kita di sekolah. Brapa jam tuh?? Nam jam doing..
Trus lapan blas jamnya kita dimana?? Kita ngapain???
Nah lo, bener kan..
--------------------------------------------------------------
Dan kalo kita uda sampe di sebuah jembatan bernama KULIAH, maka karakter serta gaya berpikir kita bener-bener dibentuk dengan sendirinya. Di sini kita bener-bener di bentuk secara natural oleh banyak faktor yang pada akhirnya akan mempengaruhi cita-cita kita yang sebenarnya.
Dan bisa jadi, cita-cita masa kecil kita dulu menjadi terbengkalai, terbuang di kotak sampah di bagian otak kita..
Hanya orang-orang yang bisa survive aja yang bisa nuntunin cita-citanya sendiri ampe terwujut. Dan melalu seleksi alam ini, bakal keliatan juga orang-orang yang ngga serius dalam hidupnya.
Beneran deh..
Kategori ini aku temuin ketika aku ngeliat banyak fakta yang ada di lingkunganku sendiri. Ada beberapa orang yang bener-bener pengen ngeraih cita-citanya dan ada juga teman-temanku yang seakan terlena ama keadaan mereka saat ini. Karna merasa diri muda, maka bebas ngelakuin apa aja tanpa mikirin cita-cita awalnya.
Paragrap barusan uda ampir selesai. Makanya, kesimpulannya….
Pilihan itu pada akhirnya menjadi milik kita seutuhnya kok. Tuhan tu baik. DIA ngga pernah nuntut kita. Kalo pilihan kita menjadi orang yang bercita-cita, maka DIA akan berikan cara untuk kita ngeraih itu. Dan kalo sebaliknya kita milih untuk jadi orang yang easy going all the time, maka DIA juga akan ngabulin hal itu…
Jadi, masih tetapkah kita biarin mimpi (cita-cita) terlepas dari genggaman kita lagi?? Masih tetapkah kita biarin mimpi-mimpi itu menguap gitu aja??
Selamat pagi, semua….
Love, B

PS : Ntar, liat jam dulu (sambil ngelirik jam di layar leptop). BUSET, uda jam tengah tiga pagi…. Haleluya… Saatnya bobok.. Selamat tidur semua…..
Eh, dan melalui blog ini, aku mo bangunin mereka yang jalanin ibadah puasa buat sahur (kayak iklan eksis di tipi tu lho!!) SAHUUURRRRRR SAAAHHUUURRRRRRR……..
Selamat Puasa sepupu-sepupuku…. Semoga hari ini ngga bolong lagi ya…..
GBU, folks

Tidak ada komentar:

Posting Komentar