Senin, 23 Agustus 2010

Cerita dari Kiper Manis

Blog ini kubikin karna emang aku lagi seneng banget am bola. Bola yang suka di sepak. Kalo bola yang hobinya di lempar, namanya bola lempar. Tapi kalo bola yang lebih suka di zjolimi (bener ngga ya?) namanya bola bodoh…
Bola sepak, a.k.a SEPAK BOLA. Bahasa Inggrisnya football (bola kaki??), am bahasa laennya soccer
Sepak bola emang ngga ada matinya (iyalah, kalo mati, mana bisa dimainin!!). Dari jaman baheula ampe jaman secanggih sekarang, kita bisa nemuin permainan ini di mana aja. Modalnya hanya hhmmmmmm, bola, lapangan, ama manusia-manusia yang sudi dipermainkan am bola itu (jadi modalnya tu hanya 4; manusia-manusia diitung 2 ya..)
Dan kalo kita lebih lanjut ngomongin soal bola, maka pemikiran kita ngga bakal jauh-jauh dari David Beckham, Lionel Messi, ato Bambang Pamungkas… Yep, mereka-mereka lebih kita kenal sebagai maestro-maestronya lapangan ijo. Karena mereka, permainan sepak bola berhasil dibawa ampe level yang paling tertinggi (bahasa enaknya, akhirnya disukain banyak orang, ngga kenal gender, jenis kelamin, ato usia bahkan umur)… Pokoknya semua orang akhir-akhir ini mendadak jadi gila bola.
Ngga heran karna beberapa bulan yang lalu kita baru aja selesai nikmatin suguhan (panganan, kali) menarik dari Afrika Selatan. Yeah, Piala Dunia 2010.
Wuih, kalo emang ngomongin ajang ini, ampe lebaran monyet juga kita ngga bakal pernah bosen-bosennya. Aku masih inget banget ketika sodara di Jakarta dengan bangga ngirim sms
Sodara Di Jakarta : “Dek, kita mau nonton bola bareng di Kedubes Belanda nih… Thanks GOD you’re not here..
HEH….. Emangnya kenapa???? Ngga rugi juga nonton di sana…..!!!!!!!!! Mending nonton di Jogja.. Nonton di Jogja lebih enak. Ngga ada polusi, en ngga ada kemacetan berkilo-kilo kaya di Jakarta.. Huh, jadi sori aja ya… Dan yang paling penting, nonton di Jogja bikin hati kita semakin nyaman..



Hubungane opoooooo……………….


HIDUP JOGJA!!!!!!!!!!!!!!!!!
Tapi sayang, jagoanku uda keok di fase grup… ITALI dengan status juara dunia uda angkat koper duluan.. Itu yang bikin aku males nonton kelanjutan piala dunia kemaren (meskipun waktu nonton bareng di kampus ikut juga sih.. Hehehehhe.. MUNA…………)
Yeah, ITALI kalah en ngga berhasil lolos dari fase grup setelah mereka dikalahin tim gurem Selandia Baru. PAYAH!!!!!!!!! Waktu itu aku masih inget banget betapa keselnya aku ngeliat ITALI kalah!!!!
Sebel sebeeeelllll sseebbeeeeeellllllllllllll…………………
Tapi ngga papalah, yang penting sepak bola masih jadi olahraga favorit kawula muda dan kawula-kawula yang lainnya..
Cara bermain sepak bola sendiri gampang. Hanya butuh beberapa pemain en bola… Udah deh.. Permainan bisa di mulai.
Eh, kurang satu.. WASIT..
Nah, kalo gitu kan enak. Objek nendangnya kan bertambah.. Kalo ngga nendang bola, pemain lawan, ato wasit.. Seru kok… Hahahahahahaha….. (asem, pantesan sepak bola Indonesia ngga pernah maju)
Ada beberapa posisi di permainan sepakbola yang bisa kita pelajarin dengan ngelakuinnya langsung. Ada yang suka menyerang, menyerang apapun. Menyerang musuh, menyerang pemain lawan, menyerang tim lawan, ato bahkan yang paling ekstrim menyerang teman sendiri (tolong di jitak kepalanya pake palu ya pemain itu!!).. Makanya ada posisi Penyerang…. Bahasa kuerennya, striker (baca : STRAIKER!!!!!!!)
Ada juga pemain gelandang. Nah, pemain-pemain yang menempati posisi in biasanya paling gampang dikenali. Biasanya mereka berpakaian lusuh, tidak punya tempat tinggal, dan kerjaannya minta-minta am orang yang lewat………….
(Samber gledek… Itu GELANDANGANN!!!!!!!)
Ups, salah…. Posisi kedua adalah pemain gelandang ato sebutan machonya pemain tengah… Pemain tengah tu selalu jadi otak permainan sebuah tim. Dan biasanya dari pemain tengah ini keputusan menyerang di hasilin. Entang itu nyerang pemain lawan ato nyerang wasit, ato nyerang pelatih sendiri. Pokoknya suka-suka dia lah..
Posisi ketika adalah permain bertahan. Ato back player. Cirinya adalah mereka yang berperawakan middle age, berwajah agak boros, en (sok – kadang-kadang dewasa) dan berhati sabar. Soalnya pemain bertahan adalah pemain yang selalu di serang. Di serang hatinya, diserang keluarganya, bahkan kehidupan pribadinya di ekspos ke infotainment. Makanya pemain bertahan harus tahan atas semua cobaan hidup ini…
(Coba deh, buka kamus Mari-Mari Bergaul dengan Sepak Bola, rasio terbanyak meninggal seorang pemain bola adalah pemain bertahan. Soalnya, kadang kala mereka sudah tidak sanggup lagi bertahan dengan persoalan hidup mereka masing-masing…)
The last but not at least, Kiper… Yeah… Penjaga gawang…..
Pemain ini bertugas menjaga gawangnya sendiri.
Kenapa gawangnya harus dijaga? Pertanyaan mudah.. Soalnya gawangnya masih anak-anak yang nakal. En susah dibilangin. Makanya harus dijaga…
Tet tooootttt……… jawaban anda benar!!!!!!!!!!!!!!!!!!
Seorang pemain yang bertugas sebagai penjaga gawang biasanya manis-manis (seperti saya).. Mereka biasanya baik hati dan tidak sombong. Kadangkala mereka juga sering dikasih hadiah BB, ato mobil sport dari siapa aja yang khilaf.
Tapi intinya, kiper adalah pemain yang WAH… Kok bisa????
Menurut otak super jeniusku, kiper adalah pemain yang WAH (ye, paragraph sebelumnya diulang lagi!!!)
Liatin aja disetiap pertandingan… Baju mereka lain sendiri (daripada pemain bertahan, pemain tengah, ato seorang staiker), dan mereka juga satu-satunya pemain yang diijinin make sarung tangan (Cuma yang jadi permasalahan ketika main di gurun, kiper bakalan kesiksa abis – iyalah, panas-panas malah make banyak jersey.. Gimana ngga kepanasan…)
Tapi intinya, seorang kiper adalah pemain yang menentukan menang ato kalahnya sebuah tim dalam sebuah pertandingan (oke, dengan tidak menutup kemungkinan fungsi en peran dari pemain lainnya).
Seorang kiper adalah seorang hero ketika dengan aksi-aksinya bisa nyelamatin gawangnya dari serangan bertubi-tubi dari tim musuh…. Dan seorang kiper adalah pemain yang sering iintimidasi oleh pemain lawan..
Okelah, katakanlah seorang tim memiliki barisan penyerangan yang jempolan (maksudnya, jari kaki en tangan mereka JEMPOL SEMUA).. Setiap kalo bikin serangan, pasti bakalan gol. Tapi ketika sekali diserang en semua pemain terlambat turun en membantu pertahanan tim sendiri, maka the last man who standing between the team and his opponent’s goal is himself… Yep. Orang terakhir yang berdiri diantara timnya dengan skor yang (bakal) dicetak tim lawan adalah KIPER……
Makanya, ngga salah aku milih posisi ini selama ini. Yeah, disetiap permainan bola, aku dengan suka rela menjadi kiper (hal kedua, soalnya kalo aku ikutan maen menjadi salah satu diantara posisi penyerang, pemain tengah, ato jadi pemain bertahan, aku bakal ngerusak ritme permainan. So, daripada disalah-salahin mulu, mending aku berdiri di depan gawang aja.. Aman.. Hehehehe..)
Bukan, bukan itu alasannya. Aku menyukai posisi ini karena posisi ini adalah posisi dengan tingkat resiko terbesar. Jika gawangku kebobolah, orang pertama (yang mungkin) disalahkan adalah aku. Ngga becus jaga gawanglah, ngga bisa nangkep bola segampang itulah, en blab bla bla….
(OKE, BUAT MEREKA YANG SELAMA INI BILANG AKU NGGA BECUS JAGA GAWANG, DI PERTANDINGAN BERIKUTNYA KALIAN YANG JADI KIPER YA!!!!!!!!!!!!!!!!!)



Yah, itulah Kiper… Seorang pemain paling belakang sekaligus pemain yang menentukan kemenangan sebuah tim (Ngga usah protes… Penulis blog adalah seorang KIPER!!!!!)
So, let’s play football…. Let us see can you score on my goal, then…..
See you on the field, folks
Love, B

Tidak ada komentar:

Posting Komentar