Senin, 23 Agustus 2010

Meteor Shower

Seumur hidup, kalian pernah ngeliat hujan komet dengan mata kepala kalian sendiri?? Seumur hidup, kalian pernah ngeliat kejadian itu, ngga??

Kalo pertanyaan ini kutanyain am diriku sendiri, maka akupun ngga pernah ngeliat peristiwa ini..

Komet…..

Komet tu bintang di langit yang berekor. Maksudnya, bintang di langit yang masuk atmosfir bumi trus kebakar deh. Nah, efek ‘kebakaran’nya itu yang bikin bintang tersebut seakan punya ‘ekor’….

Itulah komet

Teori ini kubaca berulang kali en dari sumber-sumber yang berbeda. Tapi intinya sih tetep sama. Bintang yang terbakar di udara..

En tulisan ini kupersembahin buat seseorang yang nama di phonbook handphone-ku uda kuganti dengan nick name ‘Meteor Shower’…

Hehehehehehe, ngga ada hubungannya ya..

ADA…..

Bagi ku, hujan komet tu anugerah.

Why??
Mungkin kalian yang (sudi) baca blog ini juga punya pertanyaan yang sama. Kok bisa hujan komet tu sebuah anugerah…

Ngga usah dipikir susah-susah deh… Penjelasannya nga terlalu ‘njilmet’ kok…

Jadi gini…. Saat kita keluar di malam hari dari rumah, kos, ato kontrakan kita en ngeliat langit, maka sejauh mata memandang, kita akan melihat lautan hitam yang ngga ada abisnya. Tapi yang kita lihat itu ngga selalu hitam en pekat. Kalo langit malam saat kita keluar cerah, maka kita akan ngelihat beberapa titik yang berkilau di sana. Itulah bintang.

Ups, bukan beberapa bintang.. Tapi banyak bintang.

Mungkin kita juga bisa ngelihat beberapa kumpulan awan di sana-sini. Dan kalo emang langit malam benar-benar jernih, bulan pun bisa kita liat.

Tapi kali ini aku ngga mau ngebahas tentang bulan…

Bintang. Yep, bintang emang luar biasa. Saat ‘muncul’ sendiri-sendiri, bintang tu indah banget. Kelap-kelip di kegelapan malam. Seakan, langit punya banyak mata yang sedang ngawasin bumi. Menjaga bumi agar baik-baik saja, berharap umur bumi bisa nambah sehari en besok malam, sang bintang bisa berkelip en tetep ngawasin bumi lagi.

Begitu pula saat bintang mau ‘mejeng’ di langit en ngebentuk beberapa formasi-formasi indah yang bisa kita kahu kalo kita melajarin ilmu perbintangan (kalo nga salah nama ilmunya tu astrologi). Namanya Rasi Bintang…

Yeah, rasi bintang. Dan rasi bintang yang terbentuk juga milikin banyak arti yang kadang ngga bisa kita terangin tanpa kita baca dulu buku-buku petunjuk tentang perbintangan itu. Ada yang ngebentuk kalajengking, kuda, bayi sedang tidur, timbangan en so on en so on….

Makanya, berbahagialah mereka yang saat malam tiba, dan saat mereka keluar dari tempat peraduannya, mereka bisa ngeliat ini semua. Dan semuanya ini bisa kita nikmatin gratis ngga pake bayar.. modal kita murah kok. Cukup berharap langit nanti malam cerah, berharap bintang-bintang di langit ngga ngambek en mau muncul keluar, berharap bintang yang kepampang di langit ngebentuk formasi-formasi tertentu en berharap kamera yang kita punya bisa nangkep fenomena ini…

Yep, modal kita cuma satu. BERHARAP…

Itu baru penjelasan mengenai bintang…… Kita belon sampe pada penjelasan tentang hujan meteor…


Meteor Pertama : BATU

Kisah meteor paling popular dalam sejarah peradaban manusia bisa kewakilin dalam cerita SUPERMAN. Semua orang pasti tau cerita legendaris ini.

Dikisahin kalo di sistem tata surya kita ada sebuah planet bernama Kriptone (bacanya : KRIPTONAIT). Yang memiliki peradaban jauh lebih maju daripada peradaban di bumi. En saat itu terjadi perang saudara yang ajib! Sampe-sampe ada seorang pemimpin suku di planet itu yang ingin menyelamatkan keturunannya. Soalnya perang saudara ini bakal ngancurin peradaban bahkan planet tersebut.

Singkat cerita planet tersebut hancur. Tapi detik-detik sebelum planet itu hancur, Si babe berhasil menyelamatkan anak laki-laki satu-satunya dengan pesawat luar angkasa.

Nama anak itu Kal-El

Dan ternyata kordinat pesawat itu langsung menuju ke bumi kita tercinta…

Nah, saat pesawat Kal-El nyampe di Bumi, pesawat ini ternyata ngga sendirian. Ternyata serpihan-serpihan batu luar angkasa juga ituk ngiringin pesawat ini sampe di bumi.

Batu-batu itu yang dinamain meteor…

Itu hanya sebuah kisah tentang batu meteor. Dan itu adalah kisah yang fiktif… Hanya karangan manusia. Tapi dari karangan manusia itu kita bisa tau kalo ternyata batu meteor itu bener-bener ada.

Tapi kisah batu meteor juga ada yang riil lho. Dibeberapa tempat di belahan bumi terdapat bekas tempat mendaratnya batu meteor. Biasanya tempat landing batu meteor ini berukuran super duper big size yang menakjubkan. En, ada satu tempat di bumi yang jadi favoritku… Kalo ngga salah, tempat meteor jatuh ini di Negara Brazil (mudah-mudahan bener - biar ngga dikira tukang ngapusi). Nama tempat ini Blue Hole, Lighthouse Reef, Belize...

(tuh, liat gambarnya.. Keren kan??)


Meteor Kedua : BINTANG BEREKOR

Tapi meteor juga bisa jadi bintang berekor lho!

Buka kamus trus cari indeks ‘M’ en cari list ‘Meteor’ deh…… Tapi kalo pada malas, cari aja di kamus elektronik di komputer ato leptop sodara-sodari… Kalo di leptopku, kata ‘Meteor’ berarti bintang berekor……

Nah, balik lagi am pembahasan ‘hujan komet tu anugerah’ ya….

Bintang berekor a.k.a komet, emang jarang banget muncul di langit-langit malam kita. Ada teori yang berpendapat kalo mereka tu sombong. En hanya mau bermunculan pada saat-saat moment-moment tertentu aja. Contohnya, hari kemerdekaan, ato saat bulan-bulan puasa sekarang (Eh, bagi yang sedang ngejalanin puasa, met puasa ya.. Hayo, jangan pada bolong. Inget pahala)

Tapi teori ini dengan mudah terpatahkan. Buktinya, ampe umur bangsa Indonesia uda setua ini, tiap tanggal 17 Agustus, komet-komet ngga pernah muncul. Dan kalo saat bulan puasa gini kebanyak bukan komet yang muncul. Tapi petasan-petasan yang emang dengan tidak berkeprikemanusiaan di sulut di deket-deket aku.. (iyalah, KAGET tau!!)

Ada juga yang bilang sebenarnya itu bukan komet, tapi hanya kamuflase mata…. Fatamorgana..

(Dan bagi yang mengemukakan teori ini, tolong dong matanya di culek pake stik drum)

Tapi bagiku, apapun teorinya, yang penting minumnya Teh Botol Sosro..

NGACO!!!!

Komet emang jarang muncul. Soalnya komet selalu bikin kita penasaran. Kalo sodaranya komet sering muncul tuh di TransTV saat sahur… (Tuh, Si KOMENG)

Ngga, serius ya… Emang komet tu jarang muncul. Dan karena komet tu ngga punya sisi kemanusiaan, maka kita ngga usah mempertanyakan penyebab kenapa dengan teganya komet-komet itu jarang muncul..

Menurut buku yang kubaca (karangannya, kalo ngga salah, Mpu Tantular), komet punya siklus perputaran yang terbentuk secara alamiah di luar angkasa sana. Jalur komet ini yang setiap saat bisa saja berubah. Ngga ada yang bisa memprediksi kemana ato berubahkan jalur tersebut..

Tapi ada bebarapa komet yang dalam jangka waktu tertentu muncul dan menyapa kita (tapi maaf-maaf kata, jangka waktu tertentunya itu jangka waktu yang puanjang)

Ni, daftar nama komet yang beberapa tahun ini nyapa kita secara periodik...

  • Komet Kohoutek.
  • Komen Arend-Roland dan Maikos yang muncul pada tahun 1957.
  • Komet Ikeya-Seki, ditemukan pada bulan september 1965 oleh dua astronom jepang, yaitu Ikeya dan T. Seki.
  • Komet Shoemaker-Levy 9 yang hancur pada tahun 1994.
  • Komet Hyakutake yang muncul pada tahun 1996.
  • Komet Hale-bopp yang muncul pada tahun 1997.
Trus ada komet favoritku Komet Halley yang munculnya tiap 76 tahun sekali... (Ajaib ya, jujur deh. Selama hidup, wujud ni komet ngga pernah kuketahui tapi uda jadi favoritku..)

Makanya bagi yang dengan sengaja ato dengan tidak sengaja pernah ngeliat kejadian ini (bukan baca or lihat fotonya dari buku lho), berbahagialah mereka..

Dari gambar yang ku lihat di buku, komet tu keren banget.. Diantara kegelapan malam, ada sebuah benda besar yang terbang dengan ‘ekor’ yang menyala-nyala indah. Menerangi malam, juga membuat indah langit.

Itupun yang kurasakan pada orang ini. Yep, orang yang di phonebook handphone kuberi nama ‘Meteor Shower

Bagiku, dia adalah komet yang sebenarnya. Bagiku, dia yang menerangi malam-malamku kini. Ngga ada lagi kepekatan, ato kegelapan… yang ada hanyalah lintasan bercahaya yang dilewati oleh dia, kometku...

--------------Owl City----------------------

Akhir-akhir ini aku sering ngedengerin lagu-lagu dari Owl City… Alasan klasik kenapa aku sering dengerin lagu-lagunya hanya satu. Lagu-lagunya enak didengerin. Simple kan??

Dan ada satu lagu OC yang berjudul sama dengan blog yang kutulis kali ini, Meteor shower.

I can finally see that You’re right there beside me

I am not my own, for I have been made new

Please don’t let me go I desperately need You

I am not my own, for I have been made new

Please don’t let me go I desperately need You

--------------Owl City----------------------

Bukan kebetulan akhir-akhir ini aku ngerasain hal yang sama dengan yang Adam Young tulis di lagu ini. Bukan kebetulan juga lagu ini yang uda ngubah pandanganku terhadap dia. Dan bukan kebetulan juga, kita berdua, Aku en Adam Young ngerasa kalo Meteor Shower tu awesome en indah…

Adam Young sadar kalo sumber inspirasinya ternyata disampingnya. Selama ini dia ngerasa berada di dalam mimpi (karna ngga nyadarin hal ini).

Tapi, ketika Adam sadar, Adam hanya bilang am Sang Meteor, “Please, jangan tinggalin aku. Jangan pergi dari hidupku. Aku benar-benar butuhin kamu..”



For you, my Meteor Shower…..

These words are straight to your heart. So, pay attention just for a minute.

You know we have been in the rough times over and over again. There are issues between us that cannot be replaced or repeated. And quite frankly, we’re live in very different world. But when the night came at the first place and the sky look so bad, I hope our stars can guide you home to my heart.

Hate is the word that we don’t like much. But I hate you so much….

Your beloved man, B….

Tidak ada komentar:

Posting Komentar