Senin, 06 September 2010

My Batman Forever

Flash back………….

Flash back ke beberapa tahun yang lalu deh. Ketika ingus kita masih rutin keluar dari lubang idung ini. Ketika main petak umpet en maen kelereng jadi kegiatan senggang kita.

Nah, saat-saat itu kita yang masih anak kecil mungkin punya jagoan favorit en berusaha tampil semirip mungkin am mereka.

Khususnya buat anak laki-laki ya.. Kalo anak cewe mah biasanya mainannya berbi ato masak-masakan.

Dan itu ngga masuk itungan….

Yep, jagoan masa kecil. Pada punya ngga ya??

Biasanya, yang jadi alasan kenapa kita seneng am sosok itu tuh kalo ngga bajunya keren (warna-warni), badannya kekar, kalo ngga, kemampuannya yang dianggep unik am kita. Iya ngga?? Ngga ada tuh jagoan anak-anak yang berwajah jelek, badan setipis papan penggilesan, ato yang lebih parah lagi, kisah idupnya ngga jelas. Kalo ada super hero kaya gitu trus disukain am kita (waktu masih kecil), maka patut dipertanyain deh..

Karna masih kecil juga, kita selalu mengasumsikan pahlawan itu adalah kita sendiri. Kalian masih inget g saat masih kecil, trus make sarung yang diiketin ke leher en berpura-pura terbang sambil teriakin kata, “Supermeeeeeeeennnnnnnnnn……..

Ato bikin penutup mata en bikin pedang-pedangan dari kertas trus berlagak seperti sekawanan Kura-Kura Ninja??

Ato yang paling parah, main perang-perangan am tetangga en beranggapan kalo kandang ayam tetangga adalah target yang harus diancurin…

Pernah punya sindrom kaya gitu?? Pernah ngalamin kejadian-kejadian (konyol) itu??

Hehehehehehehe, ngga perlu malu kali, buat akuin semua hal konyol diatas. Dan orang manis yang hobi banget nulis ini juga pernah mengidap sindrom itu. Dan Super Hero yang ketiban sial jadi angan-angan seorang Brury adalah Batman..

Yep, pokoknya kalo uda ngomongin Betmen, ni mulut bakal betah ngoceh tentang kehebatan-kehebatan yang dimilikin alter egonya Bruce Wayne ini. Pernah sekali aku en temen main tabok-tabokan gara-gara belain Super Hero kita masing-masing..

Aku : “Ah, Spaidermen? Apa itu?? Kurang kerjaan aja. Masa baju dari jaring.. Jagoan ato orang miskin sih??”

Temen Yang Mengidolakan Spaidermen : “Mending Spaidermen daripada Betmen. Jagoan kok pake kolor diluar. Ngga malu tuh??”

Dan percakapan singkat diatas berakhir di ajang smekdon dadakan… Hahahahahahaha….

Dan alkisah, tu orang pulang dengan mata lebam, en bibir sobek. Kalo aku sih rada mending. Pipi lebam, mata bengkak, bibir pecah-pecah (karna sariawan), en tangan yang bengkak plus ampe rumah dapet hukuman tambahan dari Si Papah yang galak… Hahahhahahahaha……

Pokoknya masa kecil adalah masa-masa yang paling ngebahagiain deh.. Masa yang dihiasin am mengidolakan Tokoh fiksi yang idupnya hanya di fantasi setiap kita.

Back to Betmen. Aku inget banget pertama kali mengidolakan tokoh ini. Waktu itu, beberapa minggu setelah Papah ngeboyong kami sekeluarga ke Ambon, Maluku, aku dan Mamah baru aj pulang dari pasar.

Dan ketika ngelewatin seboah toko kelontong, ada sebuah benda pajangan yang begitu menarik perhatianku.

Benda itu berwarna item en bersayap……..

Benda itu adalah sayap-sayapan Betmen..

Sebenarnya sih waktu itu aku ngga tau apa benda itu. Tapi karna anak-anak (yang hobi merengek – dan kalo ngga diturutin keinginannya, ngamuk adalah jalan keluarnya), aku merasa tertarik. Ngga tau, pokoknya tu benda keren banget.

Aku (Yang Masih Kecil) : “Mah, mau itu..” *Sambil nunjuk benda bersayap itu*

Mamah : *Kerepotan megang belanjaan* “Apa? Ah, nga usah. Kita pulang aja. Papah am Usi uda nunggu dirumah tuh. Mamah belum masak juga..”

Aku (YMK) : “Ah, ngga mau tau.. Pokoknya pengen itu. Pengen ittttuuuuuuu……” *guling-guling ditanah sambil teriak-teriak*

Mamah juga ngga mau kalah dong…

Mamah : “APAAN SIH KAMU ITU?? MALU DILIATIN ORANG-ORANG…. BERDIRI, AYO PULAAAANNNNNNGGGGGGGGG…!!!!”

Dasar Bandel, bukannya nurut. Tapi….

Aku (YMK) : “HHHUUUUAAAAAAAAAA……….. !!!!!!!!!!!!!!!MAMAHKU JAHAAAATTTTTTTTTTTTTTTTTTT…………….!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!”

Aku berteriak sekenceng-kencengnya…..

Dan singkat kata, kami pulang dengan benda itu di tangan, en ngga lupa tersenyum nakal (karna menangin pertandingan dengan Mamah buat ngedapetin tu benda keren bersayap keren)… Hehehehehehe…..

Well done, me, young Brury……..

En uda bias ketebak, setiap aku ngelakuin apapun, tu sayap selalu nempel di badan. Pokoknya ngga mau tau, sayap-sayapan ini ngga boleh pisah dari aku. Bobok siang, bobok malam, makan siang, makan malam, maen, bahkan mandipun kubawa terus tu benda.

Beranjak gede, Betmen masih aj nemenin fantasiku. Tiap jalan kemana, kalo ada gambar, ato benda yang berhubungan am Betmen, pasti ku cari (meskipun ngga kebeli – soalnya ngga ada duit sih.. Hehehehe)

Ampe sekarang….

Yup, ampe Brury yang dulu merengek-rengek di pinggir jalan demi mendapatkan sayap-sayapan Betmen, segede gaban en uda punya Si Meteor Shower pun masih tergila-gila am Betmen.

Aku pernah bikin teori mengenai kegilaanku terhadap Betmen.

Teori Pertama : Kita sama-sama Manis…

Ngga usah dipungkiri lagi deh kalo manusia yang bernama Brury tu emang manis. Buktinya semut-semut pada nempel (en ngga jarang nancepin ‘gigi’nya dalem kulit saking gemesnya – a.k.a digigit secara tidak ber perikesemutan). Ato ketika aku sedang jalan, ngga tanggung-tanggung, banyak banget yang langsung deket-deket sok kenal gitu. Kalo manusia yang deketin sih sukur, tapi ini, Kucing je (dikira ikan asin yang dijemur kering trus lagi jalan-jalan, kali ya??).

Sedangkan Bruce Wayne??

Kalo diliat dari komik-komik yang uda kubabat abis en setiap film yang kupantengin satu-satu, Bruce selalu diidentikan dengan sosok Pria muda paruh baya yang elegan en tampan. Jutawan, pula kan…

Ngga heran, soalnya ni orang adalah pewaris kekayaan ortunya yang berlimpah ruah. Sejak kecil, Bruce uda jadi jutawan yatim piatu termuda (di dunia fiksi). Soalnya kedua ortunya meninggal dibunuh penjahat.

Terlepas dari kondisi finansialnya, Bruce tumbuh menjadi pria yang manis.. dan pria manis yang sama juga yang sedang menulis blog ini.. Hehehehehehe…

Teori Kedua : Kita sama-sama punya cewe manis…

Kalo Bruce Wayne punya Rachel Dawes sebagai cinta sejatinya, maka Brury punya Meteor Shower.. En antara Rachel en Si Meteor emang manis dan ngga ada yang ngeraguin hal itu.

Di setiap filmnya, Rachel selalu digambarin sebagai cewe cerdas yang manis en terkenal ngga bisa diajak kompromi. Dalam 2 film Betmen terakhir yang kutonton (Batman Begins, Batman The Dark Night), Rachel di kisahin menjabat sebagai Jaksa Gotham City. Ini yang membuat posisinya sangat mudah untuk diserang dari manapun. Tapi, Rachel Dawes tetep ngga berkutik. Di Batman Begins dikisahin ampe penjahat sekelas Carmine Falcone ngga berkutik dibuatnya. En minta penjahat yang lebih jahat lagi untuk ngabisin nyawa si Jaksa manis ini.

Rachel Dawes = Manis….

Kalo Meteor Shower??? Beehhh…. Jangan ditanya lagi deh tentang ni cewe. Uda manis, smart, bae hati, pula.. Makanya Si Meteor Shower ini beruntuk dapetin Brury (lho, kebalik ya..)

Makanya Si Brury beruntung banget dapetin Meteor Shower ni..

Teori Ketiga : Kita sama-sama pinter…

Yep, aku selalu menganggep diriku pinter en ngga bodoh-bodoh amat. Contohnya dulu waktu masih kecil ditanya am guru di dalem kelas,

Guru : “Anak-anak, sapa yang bisa jawab pertanyaan Ibu?? Siapa yang membangun Candi Prambanan??”

Semua kelas terdiam…. Hehehehehe, kayanya ku tau nih jawabannya. *sambil meninju udara saking semangatnya mengangkat tangan*

Guru : “Yak, Bury…”

Brury (YMK) : “Yang membangun Candi Prambanan adalah………. Yang pasti bukan saya Buuuuuuu……….”

*********

Terlepas dari aku yang menganggap diri pinter, Betmen juga pinter. Dengan gadget yang keren banget, dia bisa ngalahin musuh-musuhnya. Dan menurut para dedengkotnya DC Comics, musih-musuh Betman adalah yang terbanyak daripada superhero anggota JLA (Justice League of America) lainnya.

Dan ketika ngga make baju Betmen, Bruce juga dikenal sebagai pemuda yang pinter. Dengan perusahaan yang dimilikinya, Wayne Enterprise, Bruce dikisahin memiliki relasi bisnis yang tersebar di seluruh dunia. Dan itu dilakuinnya seorang diri. Meskipun Bruce juga memiliki beberapa penasehat yang memberi masukan kepadanya seperti Alfred, Mr. Lucius Fox en so on

---------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Terlepas dari 3 teori yang kubikin diatas, Betmen emang my Real Hero ever.

Bruce ngga jauh beda dari kita-kita. Cuma yang bikin dia berbeda adalah keberaniannya menghadapi penjahat yang mengancam keselamatan Gotham City. Sang creator, Bob Kane juga pernah mengatakan, Betmen akan selalu menjadi Betmen selama Gotham City masih ada. Dan itu berarti, selama nama Gotham City ngga diganti en DC Comics ngga menghentikan publikasi tentang cerita ini, maka Betmen akan selalu menjadi malaikat penjaga Gotham City.

Ini adalah beberapa fakta tentang Jagoanku yang berhasik ku kumpulin selama ini…

1. Batman sebenarnya adalah seorang Detektif yang memiliki kemampuan diatas rata-rata (Kalo dalam dunia per-novel-an, Batman bisa disetarain am Sherlock Holmes lah…)

2. Ngga seperti superhero kebanyakan, Batman ngga punya kekuatan super.

3. Dalam sebuah cerita JLA yang ditulis am Grant Morrison, Superman menjelaskan bahwa Batman adalah ‘Pria paling berbahaya di dunia’ (Jadi, kesimpulannya, Jagoan bercelana dalam item ini ternyata jauh lebih hebat daripada Superman… Hehehehehe, Betmen gitu lohh..)

4. Kita selama ini mengenal Bat-cave sebagai sarang Batman. Dan disetiap filmnya, selalu diperlihatkan gadget-gadget yang super duper canggih. Tapi ternyata dilain pihak, di lemari penyimpanan kostumnya, Batman memiliki 200 kostum (yang luput dari film-film Betmen selama ini)

5. Dari masa Tim Burton, sampai Christopher Nolan, kostum Batman selalu berbeda. Tapi yang jadi benang merah di setiap film adalah topeng Batman memiliki 2 ‘tanduk’ (soalnya kalo cuma bertanduk tunggal, namanya bukan Batman, si manusia kelelawar. Tapi Rhinoman alias manusia badak bercula satu)

6. Ngga semua peralatan Batman dimulai dengan kata ‘Bat’. Di sebuah acara televisi (Batman live-action television show and the Super Friends animated series tahun 1960-an), Batman memiliki memiliki persenjataan yang mencantumkan nama-nama "Bat" yang menggelikan, seperti bat-computer, bat-scanner, bat-radar, bat-cuffs, bat-pontoons, bat-drinking water dispenser, bat-camera dengan menggunakan bat-filter, bat-shark repellent bat-spray, and bat-rope.Konyol banget, mengingat kesan suram yang ingin ditampilkan karakter Batman berubah menjadi acara lucu-lucuan.

7. Robin, side kick Batman ternyata telah berganti karakter sebanyak tiga kali. Robin pertama adalah Dick Grayson, yang akhirnya dia meninggalkan gurunya dan menjadi seorang pahlawan Nightwing (dan pada akhirnya milikin cerita sendiri). Robin kedua adalah Jason Todd, tetapi dia akhirnya mati di siksa Joker. Robin ke tiga adalah Tim Drake, pertama muncul di tahun 1989 dan telah memiliki judul komik serialnya tersendiri.

8. Sosok Alfred Pennyworth dikenal sebagai pelindung, pelayan, pemegang kunci rahasia keluarga Wayne. Dikisahin telah melayani di Wayne Family selama 6 generasi, Jadi, Bruce adalah generasi yang ke 7 dan Alfred masih terlihat muda (meskipun ada keriput di sana-sini. Tapi mari berpikir logis. Menjadi pelayan selama 6 generasi, tapi masih terlihat enerjik di generasi ke-7??)

9. Kebanyakan, musih-musih Batman memiliki latar belakang yang sama dengan Batman. Tidak memiliki kemampuan super namun mengalami kisah tragis dan membuat mereka menjadi penjahat. Let’s say Joker (Yang sangat membenci Ayahnya yang meninggalkan Ibunya. Kemudian bertransformasi menjadi Badut ‘Perfeksionis Irasional’, Two Face (yang karena kematian pacarnya lalu menuntut balas kepada siapa saja yang ada di sekelilingnya), Poison Ivy (yang merasa alam telah disalah gunakan oleh manusia), Mister Freeze (Yang diperankan oleh Arnol Swasneger dengan sangat baik. Yang kehilangan istrinya kemudian menjadi gila), The Riddle (si pintar yang super duper gila dan kecewa terhadap keadaan di masa kecilnya), dan masih banyak lagi…

10. Dilain pihak, Batman adalah sebuah provinsi Turki yang terletak di sisi tenggara Anatolia.

11. Nama Batman ini sejatinya adalah kependekan dari pegunungan Bati Raman dan tidak ada hubungannya dengan tokoh komik Batman.

12. Seorang walikota di sebelah tenggara Turki bernama Huseyin Kalkan, yang juga seorang anggota Partai Sosial Demokrasi pro-Kurdish, telah menuntut pihak Warner Bros. dan Christopher Nolan untuk mendapatkan royalti dari film berpendapatan besar "The Dark Knight". Menurutnya, produser telah menggunakan nama kotanya tanpa ijin.

13. Dan fakta terakhir adalah, sambil nulis blog ini, Brury lagi nonton Film Batman Begins en BatmanThe Dark Night entah yang keberapa kalian.. Hehehehehehhe…..

…………..It’s not who you are underneath, but what you do, that define you…….……

Kalo kamu?? Sapa jagoan masa kecil kamu?? Kamu masih ngefans am dia g ampe sekarang???

Love, B

GBU, Folks…

Tidak ada komentar:

Posting Komentar