Senin, 21 Desember 2009

Ade Jo, Adekku Yang Tek Pernah Ada Part 1

Judul ini kudapat dari Hilman Hariwijaya (semoga speeling namanya bener.. Karna belau adalah legendku... Pada nga ngerti Hilman yang ini?? Kalo Lupus, cowo SMA gokil yang selalu ngunyah permen karet yang selalu banyak akal buat ngerjain siapapun disekelilingnya?? Get it?
Hilman, sebelum sukses dengan Lupus Seriesnya pernah bikin sebuah cerita tentang (kalo ngga salah) Bian, adiknya yang ngga pernah ada... Benang merahnya sih tentang adeknya yang ketika baru lahir langsung meninggal (Om Hilman, sori kalo salah ya...)

Ok, prolognya segitu aja... Fokus ama yang mau ku tulis ini...
Hmmmmm, ini memori yang ngga akan pernah kulupain dalam sisa hidupku... This is for real, guys... Memori yang ngenangin banget di pikiranku sampe saat ini (BACA : detik kutulis blog ini)

Intermezzo...
Kamu2 semua pernah punya sodara yang ngga akan pernah bisa diajakin bercanda, bermain, en laen2, ngga? Maksudku, ketika kalian pikir kalian akan mendapetin sodara baru tapi ternyata sodara kalian itu pergi untuk selama2nya? Belum sempat mengenal dia lebih jauh, ternyata Tuhan berkehendak lain??

Cerita ini bermula pada akhir 2004 - Libur Natal en libur semester
Awal desember 2004, kuterima surat dari Universitas bahwa hasil tes dan laen2 bisa di update via internet dan disitu jelas banget ditulis kita ngga perlu ke kampus buat liat nilai2 ujian semesteran kemaren. To be honest, aku yang saat itu masih berstatus mahasiswa baru di sebuah PTS (cukup) terkenal di kota Yogyakarta merasa takut en deg2an... Nilai2 awalku gimana ya ntar??
So, bersama kakak perempuanku, kami menyusun plan buat liburan natal kali ini. Emang sih, kita b2 uda punya alternatif keren yang diusulin ama Herodes (sebutan buat my beloved father karna saking gualaknya.... Hehehehehe....) buat mudik ke Ambon. Dan singkat cerita karna ngga punya rencana laen dan pilihan buat abisin natal en tahun baru di kota Yogya, kami pun meng-oke-kan (bah, bahasanya...) usulan Herodes...
Kordinasi pun kita bikin ama pihak Ambon (Halah, sok2an kordinasi... Sebenarnya sih bukan kordinasi, tapi banyak yang mo nitip ini itu ke kita b2... Hehehehe, berat2in bagasi pesawat aja nih..)
Ok deh, titipan uda siap, kita b2 pun uda pamit kiri kanan en minta doa restu dari tetangga sebelah... Aku masih inget banget perasaanku waktu itu... Kuinget berita bulan lalu (Pesawat Lion Air tergelincir di Solo, Garuda yang terbakar di Yogya, trus beberapa kisah pilu laennya tentang pesawat yang kurang beruntung landing di berbagai daerah di Indonesia...
"Jangan2, pesawat yang kutumpangi bakalan bernasib sama..... TUHAAAAAAAAAAAANNNNNNNN, aku kan belom nikah.........."
Tapi dengan mantepin hati en pasrah ama Tuhan, kubiarkan mobil membawa kami ke bandar udara (ya iyalah...) Belokan terakhir masik bandara, jantung semakin memompaku, masuk gate selamat datang Adi Sucipto makin deg2an, dan jantungku benar2 berhenti ketika mobil menurunkan kami di departemen keberangkatan(au deh, bahasanya... 'Jantungku Benar2 Berhenti'..... Hiperbolis Abis...)
Ok, Skip aja deh bagian ini..
Alhasil, kita b2 uda duduk nyaman di dalem pesawat. Kulihat petunjuk di jendela dan kuterpana membaca nama yang ada di jendela itu. Michael Douglas (MD)... Walah, pesawat jenis MD ini kan yang kemaren terelincir di Solo....
dug dag dug dag dug dag...
Kadang detak jantungku normal, kadang berirama(tapi bukan Rhoma en Ridho Irama lho..)
Selepas para pramugari mantan model memperagakan fashion show tentang saat2 kita bakalan ngelakuin pendaratan darurat (yang bener2 darurat), ku mulai mengencangkan sabuk pengamanku, dan mulai berdoa....
doa, doa, dan doa......
(Karena ini pengalamanku pertama kali naik pesawat) ketakutan mulai menyebar lagi. Jatoh ngga ya ni pesawat, jatoh ngga ya........
Amin, Puji Tuhan akhirnya kita sampai di Djuanda International Airport di Surabaya... asik asik asik.... Minimal kita uda keluar dari Yogya. Abis dari sini, kita langsung terbang transit ke makasar dan akan melanjutkan lagi ke Ambon manisseeeeee tercinta...
Ok, perjalanan berikutnya sedikit lebih menakutkan (boong ding, bukan sedikit tapi BANYAK) karena kita bakal menyebrang pulau en menurut hemat saya, lebih aman jatoh di daerah permukiman penduduk ato sawah daripada terhempas en tenggelam didasar lautan (faktor utamanya adalah perlu sodara sodari ketahui, AKU TIDAK BISA BERENANG...)
Perjalanan sedikit lebih lama dari perjalanan sebelumnya. Selama mengudara, mulutku tak henti2nya mengucapkan doa dan doa.. TUHAN, kok jauh banget sih Makasarnya? Eh, ternyata TUHAN tu bae banget kok. Ngga lama kemudian, kita sampe deh di Makasar... Aseeeeekkk (lagi) uda deket ambon nih...
Bro and Sist, skip lagi aja ya.. Soalnya ke-parno-anku terhadap terbang menerbang ini masih terus berlanjut en aku terlalu malu membuka aibku sendiri ketika sampe di Makasar...
Akhirnya Pramugari memberitahu kita bahwa kita sudah sampai di Pattimura, Ambon...
ASEEEEEEEEEEEEEEEEEEKKKKKKKK...
Akhirnya bisa ketemu dengan sodara2 di sini, setelah 5 tahun lebih kita ngga ketemu. Terakhir ketemu, mereka masih segitu.. Sekarang masih segitu juga ngga ya??
Ketika pintu pesawat terbuka, saat itulah aku bisa bernafas lga dn jantungku kembali berdetang normal se normal normalnya.
Tapi, kisahku baru aja dimulai...
Dia adalah Papa Agus Manuputty. Dan dia adalah adiknya Herodes. Papa Agus memang bekerja di bandara, karena itu, akses menuju ke tempat parkir pesawatpun dengan mudah didapatnya. Dan karena dia, dengan mudah kami ber2 mendapatkan barang2 bagasi kami.
Kami sempat melepas rindu dengan berpelukan di pintu pesawat (dasar gokil, kan jadi macet tuh.. Hehehehe...)
Sempat bertanya kabar dan bla bla bla, kamipun keluar dari area bandara.
Di luar, kami telah ditunggu ama Herodes dan istrinya(a.k.a mamaku tersayang), Marlen (anaknya Papa Agus) dan seorang balita cowo yang sangat2 manis.
Sapa nih, kupikir??
Namanya adalah Jonathan Grasio Samuel Manuputty dan dia sangat manis. Meskipun masih kecil, dia ngga terlihat seperti anak2 sebayanya yang nakal, yang selalu mereptkan orang2 disekelilinnya.. Itulah kesan pertamaku melihat Ade Jo.
Dari seluruh adik2 sepupuku, cuma Ade Jo yang belum kukenal. Umurnya kira2 baru 2,5 tahun. Like i said before, he's so cute. Dan karena memang aku seneng anak2, akupun merasa nyaman berada disisi Ade Jo.
Aku terus memandangi Ade jo sambil menunggu mobil jemputan. Tak lama, mobil itu datang. Karena banyaknya panitia penyambutan kami berdua, mobilpun penuh sesak. Aku kebagian duduk di bangku belakang.
Karena kesepian kuminta Ade Jo pindah kebelakang. Ade Jo pun bermigrasi dari bangku tengah (mama, kakakku dan Marlen) dan duduk di pangkuanku. Wah, beruntungnya aku karena beberapa menit yang lalu, proposal kakakku kepada Ade Jo untuk memangkunya ditolak mentah2.. Hahahahaha, rasain kau si...
Kita ber2 (aku dan Ade jo) menikmati pemandangan dari kursi belakang.
"Ade nama sapa?" - "Namanya adik, sapa?"
"Ade Jo, Kaka.." - "Ade Jo, Kak.."
"Ade Jo su skola ka bolom?" - "Ade Jo uda sekolah, belom?"
"Bolom, kaka..." - "Belum, ka..."
Itu hanya sepenggal pembicaraan kami waktu itu....
Bagiku, ini adalah saat2 membahagiakan. Aku belom begitu mengenal Ade Jo. Aku belum begitu mengenal karakter dan sifatnya, tapi aku merasa Ade Jo memiliki sesuatu yang menyenangkan. Aku ngga tau apa itu. Tapi yang kutahu, Ade Jo sangat manis.
Saat itu aku mengambil keputusan bahwa aku tidak pernah menyesal keputusanku pulang ke Ambon. Saat itu, aku sangat bahagia bisa bertemu dengan dia, dengan Ade Jo. Adek yang selama ni ku impikan (karena aku adalah anak bungsu dan aku kepengen punya adek lagi...)
Dan kisah ini masih berlanjut....
See you in the next post...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar